Wanita Lebih Rentan Alami Kekurangan Calcium Dibanding Pria

Liputan6.com, Meski dari segi aktivitas biasanya tidak seberat pria, kasus kekurangan kalsium kerap terjadi pada wanita.

kurang-kalsium130626b

Satu hal yang menyebabkan wanita mengalami hal ini, menurut Ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya sekaligus anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Utara, dr. Nanny Djaja. MS. Sp GK., adalah karena wanita mesti berbagi kalsium dengan bayi yang dikandung saat hami.

“Waktu hamil, kalsium dari si ibu juga diambil si jabang bayi. Jabang bayi kan, juga butuh kalsium untuk pembentukkan tulangnya,” terang dr. Nanny dalam acara Media Workshop “Calcium & Vitamin D More Than Just Osteoporosis”, di The Cone Cafe, Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Padahal, apabila seseorang kekurangan kalsium dapat dimaksimalkan dengan menambahkan vitamin D dan magnesium. “Sumber utama dari vitamin D kan sinar matahari. Sinar matahari bisa didapatkan secara gratis,” tambah wanita berbadan mungil ini.

Tapi sayang, meski sinar matahari dapat dinikmati dengan gratis, masih banyak orang, terutama wanita, enggan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Pada saat matahari pagi terik banget, banyak wanita yang malah merasa kepanasan. Baru sedikit saja, takut hitam. Bagaimana mau dapat vitamin D-nya?,” ujar Nanny.

Karena itu, sayang bila sampai kekurangan kalsium. Karena kalsium merupakan mineral utama yang dibutuhkan dalam jumlah besar untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Padahal, kalsium bermanfaat untuk mempertahankan kepadatan tulang, menjaga irama jantung, transmisi impuls saraf, kontrol tekanan darah,” tutupnya.

(Adt/Abd)

Sumber: http://health.liputan6.com/read/623137/dibanding-pria-wanita-rentan-alami-kekurangan-kalsium/?related=pbr&channel=h

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s